Ada beberapa jenis jenis dari kustom motor jenisnya sebagai berikut:
GAYA BRAT & GAYA JAP
Brat Style sendiri adalah nama salah satu bengkel modifikasi di Jepang dan dipunggawai oleh Go Takamine.
Secara umum karakternya masih masuk ke genre bobber, tracker, atau bahkan cafe racer dengan gaya gaya personal modifikator.
Dengan menggunakan suspensi belakang Twin-Shock jok double seater yang rata dan tipis menjadi ciri khas Bratstyle.
Untuk gaya Jap hal paling khasnya muncul dari budaya detail finishing yang memang khas budaya Jepang.
Hal itu juga karena mengatur kelaikan kendaraan di Jepang memang tinggi sehingga membuat modifikator membuat formula desain yang presisi.
HELIKOPTER
Gaya ini muncul di era '50 -'60-an yang merupakan terusan dari gaya Bobber.
Namun, modifikasi ini semakin ekstrim karena harus menambah kerangka atau membuat kerangka baru.
Karena Chopper diambil dari nama Chop yang diterjemahkan.
Perubahan di sektor kerangka dapat mengubah sudut kemiringan rumah setir, mengganti dan mengubah tulang punggung untuk penempatan tangki khusus.
Beberapa sub-genre seperti Psychedelic dan Skandinavia Chopper di era '70 -an umunya tertangkan suspensi depan.
Boleh jadi pemecahan masalah tampilan penanganan sedikit penanganan motor.
CAFE RACER
Hampir mirip dengan Bobber sejarah gaya ini muncul karena prajurit pasukan Inggris di perang dunia 2.
Perbedaannya hanya di jenis motor yang digunakan dan referensi gaya modifikasi yang diambil.
Cafe Racer menarik referensi dari motor-motor balap Grand Prix yang pada saat itu sedang digandrungi di daratan Eropa.
Berbasis rangka featherbed dari Norton yang kuat, ringan, dan stabil dipadu mesin produksi Triumph yang tenaganya gahar.
Opsi lain bisa pilih formula TriBsa (rangka BSA, mesin Triumph) atau Norley (rangka Norton Featherbed, mesin Harley-Davidson).
Pokoknya sesuai namanya yang racer, tampilan berbanding lurus dengan performa.
TRACKER
Karakter gaya ini mirip dengan Cafe Racer.
Namun gaya ini berawal dari motor-motor lintasan balap board track, flat track atau dirt track di Amerika.
Gaya modifikasi ini mengedepankan fungsi motor yang bisa dipacudi berbagai jenis lintasan.
SCRAMBLER
Pada dasarnya Scrambler adalah motor perang.
Namun, ada pula yang mengatakan bahwa motor ini merupakan motor balap khas inggris yang balapannya di tanah terbuka.
Gaya ini biasanya memiliki stang baplang juga ground clearance dan posisi knalpot yang tinggi.
Kemudian, Mengganti ban menggunakan yang bertipe “knobbly”, atau disini dikenal dengan sebutan ban tahu.
Nah jangan lupa juga dalam setiap memodifikasi yang paling penting adalah soal fungsi dari sebuah kendaraan.
Beragam aliran yang ada harusnya bisa memperluas kemungkinan dalam modifikasi.
Tetapi agar tetap diingat dalam setiap modifikasi motor satu value penting yaitu bebas semua desain, aplikasi komponen serta aksesoris, dan berbagai detail harus tetap memenuhi soal safety.
Komentar
Posting Komentar